Indahnya Terumbu Karang Karimunjawa

Anda bisa menikmati terumbu karang karimunjawa dengan cara snorkeling ataupun diving, anda akan di suguhkan dengan pamandangan bawah laut yang sangat luar biasa dan mungkin tidak anda dapat di tempat lain, ikan hias yang masih banyak, terumbu karang yang masih alami
Indahnya Terumbu Karang Karimunjawa, Bagi anda yang belum pernah datang ke karimunjawa akan bertanya-tanya, Karimunjawa itu seperti apa? salah satu keindahan alam karimunjawa yaitu Terumbu karangnya yang masih alami. jika anda sudah pernah datang ke karimunjawa, maka harus sepakat bahwa terumbu karang karimunjawa sangat luar biasa.

Bagaimana Terbentuknya Terumbu Karang ?

Terumbu karang dibentuk oleh banyak ribuan hewan kecil yang disebut polip. Dalam bentuk lebih sederhananya, karang terdiri dari satu polip yang hanya memiliki bentuk tubuh seperti tabung, dengan mulut yang terletak di atas dan dikelilingi tentakel. Namun, pada kebanyakan spesies, satu polip karang akan berkembang biak menjadi banyak individu, yang disebut koloni. Hewan itu memiliki bentuk yang unik dan berwarna warni atau beraneka rupa, serta mereka dapat menghasilkan CaCO3. Terumbu karang merupakan habitat untuk berbagai spesies tumbuhan yang ada dilaut, hewan laut, dan mikroorganisme laut lainnya yang belum diketahui secara detail.

terumbu karang karimunjawa

terumbu karang karimunjawa

terumbu karang karimunjawa

terumbu karang karimunjawa
Terumbu Karang Karimunjawa

Beberapa Cara Menjaga Terumbu Karang

Menjaga Kebersihan Pesisir Pantai 
Menjaga kebersihan pesisir pantai  enjadi point pertama untuk menjaga terumbu karang yang ada di karimunjawa, ketika pesisir pantai bersih secara tidak langsung sampah pun tidak ada yang menumpuk di laut dan bahkan di dalam laut.

Tidak Membuang Sampah Ke Sungai
Yang satu ini juga masih masalah kebersihan, puncak semua alur sungai adalah di muara dan berlanjut ke laut, jika anda membuang sampah di sungai otomatis anda juga membuang sampah ke laut.

Tidak nge BOM Ikan
mencari ikan dengan cara nge BOM bukan hanya merusak habitat ikan, tapi juga merusak tempat mereka berlindung yaitu terumbu-terumbu karang indah yang ada di dasar laut.

Jangan Mengambil Karang Untuk di Tanam Sebagai Penyerap Air di Daratan
tindakan mengambil karang sendiri masih sering terjadi di beberapa tempat di kawasan indonesia, mereka tidak tau bahayanya sebagaimana bisa merusak berkembang biaknya terumbu karang di laut.

Sosialisai dan Perkenalkan Terumbu Karang Kepada Masyarakat
bagaimanapun kita bisa menjaga ketika kita tahu akan bahaya merusak terumbu karang, cara sosialisasi ini dicukup mampu untuk mengatasi kebutaan masyarakat akan melestarikannya terumbu karang di kawasan karimunjawa dan terkhusus di indonesia

Subscribe to receive free email updates: